Penggunaan Platform Wordwall untuk Bahan Pembelajaran Berbasis Gamifikasi di KB-TK Al Wahyu Surabaya
PDF

Keywords

teknologi
Wordwall
pembelajaran gamifikasi

Abstract

Teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Pada era ini, anak-anak telah mengenal teknologi sejak dini dan menjadikan mereka sebagai digital native. Berbagai dampak negatif dapat timbul, seperti kecaunduan gawai yang menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang anak. Di sisi lain, terdapat potensi teknologi untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran, sekaligus meminimalkan dampak negatif teknologi. Pembelajaran berbasis gamifikasi menjadi salah satu alternatif untuk diimplementasikan. Pada makalah ini, tim pengabdian kepada masyarakat melaksanakan pelatihan aplikasi Wordwall untuk gamifikasi pada pendidikan anak usia dini di KB-TK Al Wahyu Surabaya. Analisis mitra dilaksanakan untuk mengetahui kondisi mitra, dalam hal ini KB-TK Al Wahyu Surabaya. Kemudian tim merumuskan solusi serta merencakanan kegiatan. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka di lokasi mitra. Pada akhir kegiatan, dilakukan evaluasi menggunakan kuisioner untuk mengetahui persepsi mitra terdahap solusi yang ditawarakan. Kegiatan ini berjalan dengan sangat baik dengan tanggapan yang sangat positif dari mitra. Mitra menyatakan akan menggunakan platform Wordwall dalam kegiatan pembelajaran

PDF